Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Bila Ingin Menjadi Penulis Online Freelance

Kabar gembira bagi anda yang gemar menulis karena hoby anda tersebut kini bisa menghasilkan uang dengan cara yang mudah. Caranya dengan menjadi penulis online freelance atau penulis lepas. Pada era digital dan serba online seperti saat ini, peran penulis freelance sangat dibutuhkan. Terutama untuk memenuhi permintaan website atau blogger yang tidak memiliki banyak waktu untuk membuat konten-konten artikel berkualitas.

Strategi  Menjadi Penulis Online Lepas

Menjadi seorang penulis online lepas ternyata dapat mendatangkan berbagai keuntungan. Selain penghasilan yang cukup besar, anda bisa bekerja secara fleksibel tanpa harus datang ke kantor. Cukup dari rumah atau dimana saja anda bisa mengerjakan artikel yang diminta oleh klien. Namun perhatikan deadline atau tenggat waktu pengiriman artikel yang sudah disepakati dengan klien.

Selain itu, menjadi penulis online lepas bisa dikerjakan sebagai pekerjaan sampingan sehingga sangat cocok untuk anda yang membutuhkan penghasilan tambahan. Berbagai keuntungan yang diperoleh dengan menjadi penulis online lepas tentu membuat anda tertarik untuk mencobanya. Bagi anda yang masih pemula dalam penulisan artikel sebaiknya tak perlu khawatir.Sebab berikut akan dijelaskan strategi menjadi penulis online freelance yang bisa menambah wawasan anda.

  1. Mempunyai Tonggak Dasar Menulis
    Agar anda bisa menjadi seorang penulis online lepas maka anda perlu paham mengenai tonggak dasar menulis. Tonggak tersebut yaitu membaca yang akan mengantarkan anda menuju duinia ide serta membentuk gaya bahasa untuk tulisan yang anda buat nantinya. Bila anda justru malas membaca maka bisa dipastikan kualitas tulisan anda tidak akan semakin meningkat.
  2. Mengasah Keterampilan Menulis
    Selain membaca, anda juga perlu mengasah keterampilan menulis. Caranya dengan terus menerus menulis. Tentukan topik yang akan anda tulis, baca materi yang berkaitan dengan topik kemudian tuliskan. Sesudah anda selesai menulis artikel silakan edit tulisan tersebut supaya artikel lebih berkualitas.
  3. Mengajukan Tulisan pada Teman
    Sebelum anda menawarkan diri untuk menjadi penulis online lepas, sebaiknya ajukan hasil tulisan anda kepada teman yang berpengalaman dalam bidang penulisan untuk diberikan penilaian. Bila hasil penilaiannya kurang bagus maka anda perlu terus berlatih dan memperbaiki tulisan anda. Tanyakan juga kekurangan dari tulisan anda sehingga anda bisa belajar menjadi penulis yang berkualitas.
  4. Membuat Blog untuk Tulisan Sendiri
    Jika anda sudah memiliki bekal kemampuan menulis yang bagus, selanjutnya buatlah blog sebagai media promosi hasil tulisan anda. Biasanya calon konsumen atau klien tulisan anda akan melihat hasil karya anda melalui blog yang anda isi sendiri. Bila mereka menyukai tulisan anda maka bisa jadi mereka akan memutuskan untuk menjadikan anda sebagai penulis website atau blognya.
  5. Berpromosi di Berbagai Situs
    Untuk menawarkan jasa penulisan artikel maka anda bisa berpromosi melalui berbagai situs. Anda juga perlu membuat portofolio, menambahkan detail kontak serta berikan keterangan keunggulan maupun keuntungan bila menggunakan jasa penulis anda.
  6. Membuat Daftar Customer
    Bekerja dalam bidang jasa penulisan, membuat harus selalu mengutamakan kepuasaan customer. Dimana saat anda sudah mulai memperoleh pesanan maka tulislah pesanan tersebut secara lengkap mulai dari nama, kata kunci, jumlah pesanan artikel dan deadline.
  7. Menjaga Keaslian Tulisan
    Sebagai seorang penulis, anda wajib untuk menjaga keaslian tulisan yang anda buat dan hindari melakukan copy paste. Sebab jika anda melakukan kesalahan dengan melakukan copy paste maka tingkat kepercayaan klien akan menurun drastis.

Demikianlah penjelasan mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan untuk menjadi penulis online freelance. Menjadi seorang penulis online lepas sebetulnya sangat mudah dan menyenangkan. Namun pastikan anda mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin supaya hasilnya lebih berkualitas dan memberi kepuasaan pada klien.